Contoh Delphi 7

Sabtu, 10 Maret 2012

Tulisan kali ini saya ingin sharing tentang contoh Delphi 7 yang saya buat,mungkin sekali lagi ini adalah sekedar catatan saya kuliah saya saja agar saya tidak lupa jika menghadapi soal ujian seperti ini :-P
Dengan menuliskan contoh ini di blog, supaya saya lebih gampang untuk mencarinya. dan siapa tahu ada sobat yang datang kesini dan sedang belajar juga tentang delphi7 ini
Untuk contoh delphi 7, pertama-tama saya buat dulu formnya dan formnya seperti berikut.
jjjj

sedangkan untuk properties di formnya saya buat menjadi seperti ini
Object Name Caption
Label1 Label1 Parkir XYZ
Label2 Label2 Harga/jam
Label3 Label3 Lama Parkir
Label4 Label4 Total Harga
Group Box1 Group Box1 Jenis Kendaraan
Radio Button1 rmobil Mobil
Radio Button2 rmotor Motor
Edit1 Eharga Kosongkan
Edit2 Elama Kosongkan
Edit3 Etotal Kosongkan
Button1 Button1 Hitung
Button2 Button2 Ulang
Button3 Button3 Keluar

dan yang terakhir yaitu pengkodean saya buat kode nya seperti berikut.

Untuk Mengisi Radio Box1 dengan harga 2000/jam
procedure TForm1.RmobilClick(Sender: TObject);
begin
if rmobil.Checked=true then
eharga.Text:='2000';
end;

Untuk Mengisi Radio Box2 dengan harga 1000/jam
procedure TForm1.RmotorClick(Sender: TObject);
begin
if rmotor.Checked=true then
eharga.Text:='1000'
end;


Untuk Mengitung lama parkir (harga/jam kali lama waktu)
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
harga,lmparkir,total:real;
begin
harga:=strtofloat(eharga.Text);
lmparkir:=strtofloat(elama.Text);
total:=harga*lmparkir;
etotal.Text:=floattostr(total);
end;

Untuk Ulang
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
rmobil.Checked:=false;
rmotor.Checked:=false;
eharga.Text:='';
elama.Text:='';
etotal.Text:='';
end;

Untuk Perintah Keluar dengan memberikan pesan Keluar aplikasi?
procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
if(application.MessageBox('Keluar Aplikasi?','fajar345.com',mb_yesno))=idyes then
close;
end;
end.

Somoga contoh delphi 7 ini dapat bermanfaat juga buat sobat.


0 komentar:

Posting Komentar

Sweet Memory

About Me

Foto Saya
Rahmi Utami
Seseorang yg sedang mencari JATI DIRI dlam kehidupan... Love Is Not Looking For Someone Who Is Pefect ... But Finding Someone Who Can Make You Pefect....
Lihat profil lengkapku

Rahmie Butterfly

Followers

Blog Archive

Recent Comments

WAKTU

Banner

My Cat Funny

Pages

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

PENGHAMBAANKU

cermin yang biasa kupandangi di setiap hari
sekali lagi membiaskan bayangan diri
wajah ini hati ini tempat sgala rasa bermula
kan indahkah akhir sgala kita

reff :
apakah diriku ini kan bercahaya bersinar di syurgaMu menatap penuh rindu
ataukah diriku ini kan hangus legam terbakar dalam nyala di neraka membara

sungguh berbeda yang nampak dan yang tersembunyi hanya kepalsuan menipu topeng belaka
jiwa ini tubuh ini hati yang merajai diri tlah bersalah hambaMu melangkah
kemanakah diriku ini berakhir di surga atau di nerakaMu
aku takkan mampu ampuni hamba sebelum akhir waktu

kembali ke reff;


Koleksi Star 5 yang lain.
Mp3 Download & Lirik Lagu Star 5 – Cermin Tak Pernah Berdusta
Gambar Artis Indonesia